Konsep Pendidikan Islam di Indonesia


Konsep Pendidikan Islam sangat penting di negara berkembang seperti Indonesia. Konsep secara umum yaitu suatu perencanaan, ide atau gagasan yang dibuat secara tersusun dan sistematis untuk mencapai tujuan tertentu. Di dalam dunia pendidikan, pastinya dibutuhkan konsep yang matang agar tujuan bisa terwujud sesuai dengan rencana. Dalam sudut pandang Islam juga membutuhkan konsep-konsep tersendiri. Apa saja konsep-konsep tersebut?

Tarbiyah

Tarbiyah yaitu suatu proses yang berkaitan dengan kegiatan fisik atau jasmani contohnya memberikan makanan dan minuman kepada seseorang, merawat dan memeliharan tumbuh kembang anak. Konsep ini lebih berkaitan dengan hal yang bersifat menumbuhkan sesuatu secara jasmani.

Ta'lim

Ta'lim yaitu suatu proses pemberian pengetahuan atau ilmu; penanaman sifat amanah dan juga tanggung jawab. Diharapkan dengan adanya konsep ini, seseorang bisa lebih siap dalam mempelajari ilmu dan pengetahuan baru di kemudian hari secara benar.

Ta'dib

Ta'dib yaitu proses memberikan adab & tingkah laku yang tepat dalam tiap individu. Ilmu dan pengetahuan yang luas akan menjadi percuma jika tidak diimbangi dengan adab dan budi pekerti yang baik.
Semua konsep diatas saling berhubungan dan berkaitan satu sama lain. 

Di Indonesia, konsep dasar yang dipakai adalah konsep ta'dib; karena pengembangan pengetahuan dan kualitas SDM sangat diperlukan di negara berkembang seperti negara kita. Terlebih, konsep pendidikan Islam juga tidak hanya mewajibkan manusia harus berilmu luas dan berkualitas tinggi namun juga harus memiliki iman dan akhlak yang bagus pula.

Itulah konsep pendidikan Islam yang bisa penulis rangkum. Segala kesalahan ide atau gagasan yang ada di penulisan ini murni berasal dari penulis.

0 Response to "Konsep Pendidikan Islam di Indonesia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel