Makna hari guru

makna hari guru

Apa itu makna hari guru. Setiap orang pasti sudah mengetahui siapa itu sosok yang sering kita sebut sebagai "Pahlawan tanpa tanda jasa". Benar, gurulah pahlawan yang kita maksud. Kenapa seorang guru bisa menjadi dan disebut sebagai pahlawan. Karena merekalah yang telah memberikan hal dan pengaruh positif bagi umat manusia.

Guru Sebagai Pahlawan

  Memang sebagai seorang pahlawan, guru bukanlah seperti pahlawan yang rela membela tanah air dan gugur di medan perang. Namun berkat gurulah kita bisa sampai sekarang ini, dengan segala ilmu yang kita peroleh dan merekalah yang sudah membentuk dan mengarahkan pola pikir kita sehingga kita bisa menjadi orang yang berakal dan bermoral dengan tulus dan tanpa pamrih.

 Oleh karena itu guru memang pantas menyandang gelar sebagai pahlawan tanpa tanda jasa. Hari guru diperingati setiap tinggal 25 November, semua orang pasti sudah tahu tentang hal itu. Yang menjadi pertanyaan yaitu, Apa sebenarnya makna dari hari guru itu?. 

  Sebagai orang awam, saya juga kurang begitu paham mengenai makna dari hari guru karena jika kita berbicara tentang " makna " maka kita harus menilik ke belakang dan mengingat kembali tentang asal mula hari guru tersebut.

Asal Muasal Hari Guru

 Menurut berbagai sumber, PGRI atau Persatuan Guru Republik Indonesia lahir pada tanggal 25 November 1945. Tanggal tersebut menjadi cikal bakal dari hari guru. Hal ini lebih lanjut disahkan oleh Keputusan Presiden (Kepres) No. 78 tahun 1994 sebagai salah satu apresiasi dan penghormatan para guru.

  Dari keputusan itu, maka saya berasumsi bahwa makna hari guru yang diperingati tiap tahunnya yaitu sebagai upaya penghormatan akan jasa-jasa guru selama ini.

  Setiap peringatan hari guru, biasanya sekolah mengadakan kegiatan atau tradisi seperti perlombaan, upacara bendera dan bahkan tak jarang murid yang memberikan hadiah atau kado spesial sebagai bentuk apresiasinya.

Apresiasi Kita

   Menjadi suatu keharusan bagi kita sebagai murid memperlakukan guru kita secara terhormat dan istimewa. Karena berkat merekalah kita bisa seperti sekarang ini. 

   Mereka tidaklah membutuhkan hadiah yang mahal dan mewah dari kita karena mereka mengajar kita secara ikhlas tulus. Merekalah sosok yang selalu mendorong semangat kita, sebagai orang tua pengganti di sekolah, yang telah mengajarkan nilai-nilai kebaikan dan selalu mengarahkan kita ke hal positif, itu semua agar kita menjadi manusia yang lebih baik dan berguna bagi bangsa.

 Kita hanya perlu memberikan bentuk apresiasi dengan memperlakukan mereka secara istimewa seperti kita menghormati kedua orang tua kita sendiri. Ironisnya, di era sekarang dimana sosok guru kebanyakan dianggap sebelah mata, banyak dari kita lupa tentang mereka.

Semoga dalam peringatan makna hari guru ini, kita bisa mengambil makna positif dan lebih menghargai jasa mereka. Terima kasih para guruku, Jasamu akan Aku kenang selalu.

0 Response to "Makna hari guru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel