Peran Seorang Guru bagi kehidupan siswa

Guru adalah Pahlawan tanpa tanda jasa.

Peran Seorang Guru bagi kehidupan siswa
          Ya itulah pepatah yang sering kita dengar selama ini. Seorang guru haruslah menjadi model atau contoh bagi siswanya. Sebagai seorang yang memberikan contoh guru harus bisa menjadi seseorang yang kreatif, bermotivasi dan menjadikan kita sebagai pribadi yang berani mencoba sesuatu yang baru, melakukan sesuatu hal yang luar biasa, melengkapi potensi diri kita sendiri dan tentunya menjadi pribadi yang lebih baik lagi. 


          Kita belajar karenanya dan berkat merekalah kita bisa berkembang dan tumbuh menjadi manusia yang lebih baik lagi. Orang yang menjadi teladan bisa siapa saja : Mereka bisa orang tua, saudara, teman, sahabat tapi seseorang yang paling berpengaruh sebagai teladan kita tentunya adalah seorang guru yang sangat kita hormati dan bahkan kadang sering kita contoh.

 "When the student is ready, the teacher appears." - Marlene Canter, My Teacher My Hero

        Seorang guru selalu mengikuti perkembangan siswanya lewat tahapan usianya. Selama enam sampai delapan jam per hari, 6 hari dalam seminggu, sebagai seorang guru mereka sudah siap dan mempersiapkan materi yang terbaik untuk menjadi orang yang paling berharga dan bermanfaat bagi siswanya. Setelah orang tuanya di rumah, Guru adalah orang satu satunya yang bisa memberikan pelajaran berharga bagi mereka. Guru SD, SMP sampai ke SMA bahkan sampai ke perguruan tinggi seorang guru akan setia membimbing dan menuntun siswanya, mendengarkan segala permasalahannya dan mengajarinya setiap tahap tahapan baru dalam kehidupan. 

      Seorang guru tidak hanya melihat siswanya tumbuh berkembang akan tetapi juga ikut membantunya dalam berkembang. Kita sering berpikir bahwa seorang guru hanya mengajarkan pelajaran dan materi-materi saja namun kita jarang berpikir bahwa guru juga telah mengajarkan kita nilai dan pelajaran dalam hidup selama ini. Banyak siswa yang belajar dari gurunya bukan berasal dari silabus dan materi melainkan dari guru yang bisa memberi motivasi dan inspirasi. Seorang guru yang sudah membantu kita untuk bisa tumbuh sebagai orang yang bertanggung jawab adalah seorang guru yang bisa memberikan kesan bagi siswanya kelak di kemudian hari. Setiap orang bisa saja menjadi guru tapi untuk menjadi guru yang spesial dan hebat dibutuhkan orang yang tepat. 
       Guru yang hebat adalah guru yang bisa memberikan, mengerti dan menghargai apa yang murid rasakan dan butuhkan. Tidak ada seorang guru yang hebat tanpa menyukai apa yang sedang mereka kerjakan. Untuk menginspirasi seorang siswa, seorang guru membutuhkan passion dan hasrat yang besar dalam melakukan pekerjaanya. Itulah mengapa kita patut berbangga telah memiliki guru yang telah memberikan banyak peran bagi kehidupan siswanya.

0 Response to "Peran Seorang Guru bagi kehidupan siswa"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel