Tips Menjadi Seorang Guru

Jadi, apakah kamu berpikir untuk menjadi seorang guru? Ada banyak alasan orang ingin menjadi guru, mungkin saja karena orang tersebut suka dengan dunia pendidikan, atau mungkin juga berpikiran bahwa tidak ada yang lebih penting lagi di dunia ini selain pendidikan yang berkualitas, atau kamu mungkin saja ingin berkutat di dunia pendidikan untuk sepanjang karirmu sebagai mata pencaharian, atau bisa jadi itu pilihan terakhir karena tidak ada lagi yang bisa dilakukan selain mengajar sesuai jurusan yang kamu ambil semasa kuliah. Tapi alasan yang paling penting untuk menjadi seorang guru adalah rasa ikhlas dan tulus dalam membantu orang untuk tumbuh baik secara intelektual maupun emosional.
Teacher


Di bawah ini adalah beberapa tahapan penting yang harus ditempuh untuk menjadi seorang guru:
  • Pertama, Kamu harus memutuskan apakah menjadi guru adalah jalan dan keputusan yang tepat bagimu. Bagi yang pemula, Biasakan dekat dengan dunia anak-anak jika ingin mencoba pengalaman, Bekerja paruh waktu mangajar les atau sebagai sukarelawan jika ada program mengajar tertentu. Cari pengalaman bekerja dari segala rentang usia, hal ini bertujuan agar kita bisa menentukan grup usia mana yang cocok bagi kita untuk diajar dikemudian hari.
  • Tahapan selanjutnya untuk menjadi seorang guru adalah memutuskan mana yang akan kamu ajar untuk kemudian hari, Jika kamu ingin mengajar di tingkat SD kamu harus mengambil jurusan atau kursus yang khusus untuk mengajar SD, sebaliknya jika ingin memutuskan untuk mengajar SMP atau SMA maka pastikan juga jurusan yang kamu ambil sesuai
  • Temukan Program sertifikasi guru yang diperlukan di negara atau daerah tempat tinggalmu, Berbeda negara juga memiliki perbedaan dan cara dalam proses untuk menjadi guru. Di beberapa negara, bahkan ada yang bisa mendapatkan sertifikat mengajar selama kamu mengajar di kelas.
  • Temukan pekerjaan yang berkaitan dengan guru, misalnya sebagai guru pengganti atau guru privat, Hal ini akan memberikan pengalaman dan ide yang lebih luas dan tentunya bisa memutuskan kedepannya apakah menjadi seorang guru adalah jalan yang tepat yang harus kamu tempuh. Ditambah hal ini juga akan manambah pengetahuan yang berharga dalam dunia pendidikan.
  • Untuk bisa memperoleh kredibilitasmu sebagai seorang guru, Kamu juga harus mengikuti berbagai tes resmi dan juga pengalaman mengajar di kelas sebelum terjun langsung mengajar. Jika diperlukan kamu bisa saja mengikuti tambahan beberapa semester di kampus untuk menambah wawasan dan pengalaman jika kamu sudah benar-benar memutuskan untuk menjadi seorang guru
  • Hal ini bisa dikatakan tidak mudah dan butuh proses untuk menemukan pekerjaan yang cocok untuk guru. Sering dibilang bahwa hanya ada sedikit lowongan guru di daerah kota, hal ini bisa jadi benar, Tapi juga tidak sedikit lowongan mengajar didaerah tertentu selain kota dan bagi guru yang masih baru sebaiknya memilih dimanapun lowongan pekerjaan guru yang ada sebagai pengalaman. Pastikan juga sering berkomunikasi dengan kampus tempat kamu kuliah dulu, Hal ini bisa berguna untuk menambah informasi terkait lowongan-lowongan guru yang ada dan juga bisa mennyalurkan ke sekolah di daerah-daerah tertentu yang masih membutuhkan seorang guru.
  • Bergabunglah dengan Perkumpulan atau organisasi mengajar. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan lowongan pekerjaan, jaringan dengan guru, tips dalam mengajar dan juga ide-ide dalam membuat rancangan pembelajaran.
  • Ya itulah tips singkat untuk memulai karir sebagai seorang guru. Memang Butuh proses, usaha dan jalan yang masih panjang untuk menjadi guru profesional. Tetapi ketika sudah mendapatkan lingkungan pekerjaan yang nyaman dan sesuai dengan passion kita, kamu akan tahu bahwa proses itu sebanding dengan hasil yang kita raih.

0 Response to "Tips Menjadi Seorang Guru"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel